Daftar Isi:
  • Sekarang ini industri - industri pangan telah mengeluarkan berbagai macam produk pangan ke pasaran. Dimana produk - produk tersebut dipromosikan dengan berbagai macam cara seperti iklan yang termasuk didalamnya melalui media televisi (TV). Televisi telah menjadi salah satu pilihan yang efektif untuk mempromosikan produk pangan, khususnya sifat dari televisi yang menjangkau kawasan secara luas. Tujuan dari penelitian ini untuk mngetahui dua aspek iklan produk pangan di Rajawali Citra Televisi (RCTI) contohnya (durasi dan frekuensi) iklan dan kategori produk pangan ditinjau dari kandungan zat gizi pada pangan. Hasil dari analisa ini mengungkapkan bahwa beberapa iklan produk pangan yang ditayangkan di televisi tidak dapat mewakili seluruh produk pangan yang ada dan hanya terkonsentrasi pada beberapa kategori produk pangan. Pada variasi iklan produk pangan tertentu seperti susu dan olahannya terdiri dari 43 merek. Multivitamin diketahui dimana memiliki frekuensi dan lama penayangan iklan paling tinggi di RCTI, dengan jumlah 850 kali penayangan iklan selama 2 minggu dan lama penayangan 253.58 menit selama 2 minggu. Berdasarkan komposisi kandungan zat gizi iklan produk pangan yang mengandung sumber kaya gula 68% dari total pengamatan yang diikuti berturut - turut oleh multivitamin (25%), iklan produk pangan sumber kaya lemak (5%), serta iklan produk pangan sumber kaya protein (2%).