Daftar Isi:
  • Penelitian ini menguji pengaruh motivasi terhadap alasan mahasiswa dalam mengikuti pendidikan profesi akuntansp (PPAk). Objek penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mengambil PPAk dianggap lebih tepat sehubungan dengan kenyataan bahwa keinginan mereka untuk mengambil PPAk telah terealisasi. Dengan demikian pengambilan objek mahasiswa yang telah mengambil PPAk diharapkan menghindarkan bias atas persepsi alasan sehubungan ketidakpahaman responden mengenai pentingnya PPAk. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik Proportional Sampling yaitu mengambil elemen sampel berdasarkan proporsi jumlah populasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data ini diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada responden yaitu mahasiswa PPAk di UNDIP dan Universitas STIKUBANK. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui survei dengan membagikan kuesioner kepada responden. Kuesioner terdiri atas pertanyaan dalam bentuk tertutup, artinya responden hanya memilih satu alternatif jawaban yang telah tersedia. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan regresi linier berganda. Pengujian regresi linier adalah pengujian yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara dua atau lebih variabel bebas dengan satu variabel terikat. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Motivasi karir berpengaruh positif terhadap alasan mengikuti kuliah PPAk, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi karir, maka semakin kuat alasan mereka untuk mengikuti kuliah PPAk. (2) Motivasi ekonomi berpengaruh signifikan terhadap alasan mengikuti kuliah PPAk, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi ekonomi maka semakin kuat alasan mereka untuk mengikuti kuliah PPAk. (3) Motivasi kualitas tidak berpengaruh signifikan terhadap alasan mengikuti kuliah PPAk, yang menunjukkan bahwa tinggi rendahnya motivasi kualitas tidak berkaitan dengan tinggi rendahnya alasan seseorang dalam mengikuti kuliah PPAk.