Daftar Isi:
  • Meningkatnya kebutuhan akan jasa audit menyebabkan makin bertambah jumlah KAP yang beroperasi. Persaingan mungkin timbul antara KAP satu dan KAP lainnya. Hal tersebut menjadi pendorong adanya perpindahan perusahaan ke KAP yang kompeten dan sesuai dengan keinginan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan kontrak (kontrak), keefektifan auditor (auditor), biaya audit (change class), reputasi (market share dan persentase perubahan ROA), dan faktor klien (opini auditor, distress, sales, perubahan ownership, growth) terhadap perpindahan KAP atau auditor changes. Penelitian ini menggunakan data perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI untuk tahun 2003-2007. Pengambilan sampel pada penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 570 observasi. Alat analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: perusahaan yang mengalami perubahan kontrak (kontrak) cenderung melakukan perpindahan KAP, semakin tinggi efektivitas auditor (auditor) maka cenderung semakin kecil kemungkinan perusahaan melakukan perpindahan KAP, reputasi klien diproksikan dengan market share dan perubahan ROA : perusahaan yang memiliki persentase pangsa pasar (market share) yang tinggi maka cenderung semakin kecil kemungkinan untuk melakukan perpindahan KAP, semakin meningkat persentase perubahan ROA maka cenderung semakin besar kemungkinan perusahaan untuk melakukan perpindahan KAP, semakin tinggi tingkatan biaya audit (change class) maka cenderung semakin memungkinkan perusahaan untuk melakukan perpindahan KAP, faktor klien diproksikan dengan opini, distress, sales, chown, growth : semakin baik opini auditor yang diberikan kepada perusahaan maka cenderung semakin kecil kemungkinan perusahaan untuk melakukan perpindahan KAP, semakin tinggi tingkat distress perusahaan maka cenderung semakin memungkinkan perusahaan untuk melakukan perpindahan KAP, perusahaan yang memiliki sales yang tinggi maka cenderung semakin kecil kemungkinan perusahaan untuk melakukan perpindahan KAP, semakin tinggi tingkat perubahan ownership perusahaan maka cenderung semakin memungkinkan perusahaan untuk melakukan perpindahan KAP. Tetapi tidak terbukti bahwa semakin tinggi pertumbuhan penjualan perusahaan mendorong perusahaan untuk melakukan perpindahan KAP. Kata kunci: KAP, perpindahan KAP, auditor changes, perubahan kontrak