DUKUNGAN VISUAL DENGAN SEQUENCE CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KAOS BERKERAH PADA ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah mengetahui penerapan dukungan visual dengan sequence card untuk meningkatkan kemampuan menggunakan kaos berkerah pada anak autism spectrum disorder. Dukungan visual merupakan salah satu teknik pembelajaran yang dapat diberikan kepada anak autism spectrum disorder yang lebih mengutamakan pembelajaran secara visual daripada auditory. Subyek penelitian yaitu orang dengan usia 7-9 tahun yang telah terdiagnosis mengalami autism spectrum disorder. Penelitian ini menggunakan single case design dengan ABA. Pengumpulan data menggunakan baseline I selama 5 sesi , treatment selama 15 sesi , dengan waktu ± 40 menit , dan baseline II selama 5 sesi . Analisis data menggunakan teknik analisis grafik , danhasil perhitungan statistika menggunakan wilcoxon tes. Hasilpenelitian menunjukkan nilaiyang signifikant dengan Z= -2,226 (p<0,05) yang berarti terdapat peningkatan dalam menggunakan kaos berkerah pada anak autis spectrum disorder menggunakan dukungan visual dengan sequence card.