Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode “Read Aloud” dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas tiga sekolah dasar. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada peningkatan kemampuan membaca pemahaman antara sebelum dan setelah perlakuan dengan menggunakan metode Read Aloud. Penelitian ini menggunakan desain ekperimen One Group Pre-test Post-test Design, dengan subjek penelitian sebanyak 6 orang siswa kelas tiga sekolah dasar. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca pemahaman cerita yang terdiri dari soal pretest dan posttest. Analisa data dengan menggunakan uji beda non parametric test yaitu UMan Whitney test. Pada uji hipotesis dapat diketahui bahwa nilai Z= -2,950 (p<0,01) menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil kemampuan membaca pemahaman melalui metode Read Aloud antara sebelum dan setelah treatment. Kemampuan membaca pemahaman sesudah pembelajaran lebih baik daripada sebelum pembelajaran (Mean Pretest = 3,50 menjadi mean Posttest = 9,50). Hasil ini menunjukan hipotesis penelitian yang diajukan diterima.