Daftar Isi:
  • Kecurangan bukanlah fenomena baru dalam dunia pendidikan. Penelitian mengenai kecurangan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya terus berkembang serta menjadi sumber penelitian dari berbagai peneliti. Penelitian Etter, Cramer, Finn (2006) pada mahasiswa Amerika tentang sumber asal kecurangan v penggunaan teknologi akademik menggunakan variabel orientasi etis serta faktor individu yang mengambil 2 komponen sensation seeking scale yaitu sikap mencari ketegangan dan petualangan (thrill and adventure seeking) serta sikap tidak mempedulikan batasan-batasan (disinhibition). Berdasarkan penelitian tersebut, penulis ingin meneliti lebih lanjut tentang kecurangan penggunaan teknologi dengan variabel orientasi etis yang terdiri dari idealisme dan relativisme serta keempat komponen seeking scale, termasuk dua komponen sensation seeking scale yang belum diteliti oleh Etter, Cramer, Finn (2006) yaitu sikap suka mencari pengalaman baru (experience seeking) dan sikap peka terhadap kebosanan (boredom susceptibility). Kata kunci (keywords): kecurangan penggunaan teknologi, orientasi etis, idealisme, relativisme, faktor individu, sikap mencari ketegangan dan petualangan (thrill and adventure seeking), sikap tidak mempedulikan batasan-batasan (disinhibition), sikap suka mencari pengalaman baru (experience seeking) dan sikap peka terhadap kebosanan (boredom susceptibility)