Anteseden Tingkat Adopsi Internet dalam Perspektif Gender
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada perbedaan tingkat adopsi antara laki-laki dan perempuan. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Technologi Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis et al. TAM yang mengidentifikasi 2 variabel yaitu persepsi manfaat dan persepsi kemudahan, yang akan mempengaruhi tingkat adopsi internet. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Sebanyak 231 orang mahasiswa akuntansi angkatan 2007, 2008, dan 2009 dijadikan subjek penelitian dengan metode penggumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini memberikan bukti bahwa tidak ada perbedaan tingkat adopsi antara laki-laki dan perempuan. Hubungan antara tingkat adopsi dan persepsi manfaat lebih kuat pada laki-laki. Hubungan antara tingkat adopsi dan persepsi kemudahan lebih kuat pada perempuan. Keyword : tingkat adopsi internet, persepsi manfaat, persepsi kemudahan