PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI SEMARANG)
Daftar Isi:
- Total Quality Management (TQM) menurut Sulistyo (2003) merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan bisnis dengan berusaha memaksimalkan daya saing melalui penyempurnaan yang terus-menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan perusahaan. Selain itu, Total Quality Management (TQM) juga telah diakui dapat membantu meningkatkan kepuasan konsumen, kepuasan karyawan, dan produktivitas (Wollner, 1992 dalam Kurnianingsih dan Indriantoro, 2001). Penerapan teknik Total Quality Management (TQM) dalam perusahaan akan semakin efektif dalam meningkatkan kinerja manajerial saat sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan diterapkan di perusahaan.