Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi adanya kebijakan meningkatkan laba yang menyertai pelaksanaan IPO, mendeteksi fenomena underpricing pada hari pertama pelaksanaan IPO, dan menguji pasca IPO apakah harga saham akan meningkat. Diperoleh sampel sebanyak 96 perusahaan IPO pada periode dari tahun 2002- 2009. Alat analisis pada penelitian ini menggunakan analisis uji beda t-test dengan uji normalitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Perusahaan yang melakukan IPO cenderung melakukan kebijakan meningkatkan laba. Hal ini artinya perusahaan menjelang IPO akan melakukan peningkatan laba untuk menarik investor dalam rangka menanamkan investasi pada perusahaan yang bersangkutan. (2) Perusahaan yang melakukan IPO mengalami underpricing. Hal ini dapat dilihat dari indikasi nilai initial return yang positif. (3) Pasca perusahaan yang melakukan IPO akan mengalami peningkatan harga saham. Hal ini disebabkan karena perusahaan yang melakukan IPO memiliki kinerja baik dalam jangka pendek sehingga dalam sebulan pasca IPO akan mengalami peningkatan harga saham