PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PERSPEKTIF PELANGGAN DALAM BALANCE SCORECARD DAN PARTISIPASI ANGGARAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI SEMARANG)
Daftar Isi:
- Persaingan dalam lingkungan bisnis semakin ketat. Jika perusahaan hanya berdiam diri dan tetap tenang dengan keadaan tersebut, perusahaan pasti tidak akan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya. Penilaian kinerja merupakan salah satu ukuran sukses tidaknya suatu perusahaan. Salah satu cara yang dapat diambil perusahaan agar dapat memenangkan persaingan yaitu dengan melakukan inovasi. Jika inovasi berhasil dilakukan, kinerja perusahaan dapat meningkat dan keuntungan yang diperoleh pun semakin besar. Penelitian ini ingin menguji pengaruh inovasi produk terhadap kinerja perusahaan dengan perspektif pelanggan dalam balanced scorecard sebagai variabel intervening dan partisipasi penyusunan anggaran sebagai variabel moderating. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang tergolong industri besar. Responden difokuskan pada manajer level manajerial. jumlah sampel perusahaan yang diperoleh adalah 19 perusahaan. Dari jumlah tersebut, kuesioner yang kembali dan terisi lengkap sebanyak 37 kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa inovasi produk tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Perspektif pelanggan tidak mempengaruhi hubungan antara inovasi produk dan kinerja perusahaan. Partisipasi penyusunan anggaran yang dilakukan oleh manajer memperkuat pengaruh hubungan antara inovasi produk dan kinerja perusahaan.