Pengaruh Kelekatan Kerja (Job Embeddedness) Terhadap Turnover Intention Dengan Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Moderating
Daftar Isi:
- Kinerja bagi perusahaan jasa sangat tergantung pada pelayanan yang diberikan karyawannya kepada pelanggan, karena perusahaan jasa menawarkan dan menjual produk yang berupa jasa dan bukan barang. Agar dapat menjaga kinerja perusahaan tetap baik dan berkembang, perusahaan jasa haruslah tetap menjaga perilaku dari tiap-tiap tenaga kerjanya. Salah satu bentuk perilaku karyawan yang dapat menimbulkan kinerja yang kurang baik bagi perusahaan yaitu keingan untuk berpindah (Turnover Intentions). Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku Turnover Intention dari manajer perusahaan jasa di Semarang, diantaranya adalah Kelekatan Kerja (Job Embeddedness), Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kelekatan Kerja (Job Embeddedness) berpengaruh negatif terhadap Turnover Intention dan apakah Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi dapat mempengaruhi hubungan keduanya. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian Viniawati (2013) dan Holtom & Onniel (2004). Populasi dalam penelitian ini adalah semua manajer perusahaan jasa yang ada di Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 manajer perusahaan jasa yang ada di Semarang. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan uji kualitas data yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis dengan alat analisis regresi sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hipotesis yang diterima yaitu pengaruh Kelekekatan Kerja (Job Embeddedness) terhadap Turnover Intention dan pengaruh Kepuasan Kerja terhadap hubungan Kelekatan Kerja (Job Embeddedness) dan Turnover Intention. Sedangkan Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap hubungan Kelekatan Kerja (Job Embeddedness) dan Turnover Intention tidak menunjukkan hasil yang signifikan.