ctrlnum 1128
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unika.ac.id/1128/</relation><title>PERANCANGAN VISUAL PEMBELAJARAN UNTUK&#xD; ANAK &#x2013; ANAK MENGENAI SEJARAH KOTA SEMARANG&#xD; MELALUI BUKU INTERAKTIF</title><creator>HARDIMAN, NICOLAS</creator><subject>760 Graphic arts</subject><description>Indonesia merupakan negara yang kaya akan sejarah, hal ini terlihat dari penemuan benda- benda bersejarah yang banyak ditemukan di Indonesia, mulai dari keris, kemudian prasasti - prasasti peninggalan kerajaan - kerajaan di Indonesia hingga cerita - cerita bersejarah. Namun kekayaan sejarah yang dimiliki oleh Indonesia akan menjadi terbengkalai jika generasi penerus (dalam hal ini anak &#x2013; anak) tidak melestarikannya. Banyak cerita sejarah di Indonesia salah satunya sejarah dari Kota Semarang, yang memiliki nilai nasionalisme yang nantinya dapat diterapkan kedalam kehidupan sehari - hari.&#xD; Penerapan yang dilakukan agar pembelajaran sejarah Kota Semarang yang mengandung nilai &#x2013; nilai nasionalisme sesuai dengan target sasaran yang dituju, maka perlu dilakukan pendekatan &#x2013; pendekatan terhadap target sasaran. Maka dari itu dengan adanya dukungan dari data &#x2013; data yang akurat mengenai pendekatan melalui media interaktif, macam &#x2013; macam media interaktif sehingga dapat menentukan media interaktif yang tepat dan sesuai dengan target sasaran. Data yang diambil melalui metode wawancara dengan Pemerintah Kota Semarang, serta data kualitatif dari media pustaka yang disesuaikan dengan target sasaran.&#xD; Melalui pendekatan media interaktif dalam berupa buku yang dikemas lebih modern dan menarik maka terbentuklah sebuah media edukasi yang sesuai dengan target sasaran. Dalam hal ini perancangan terdiri dari perancangan pembuatan media interaktif dan edukatif berupa buku interaktif dan bagaimana menanamkan nilai &#x2013; nilai yang terkandung dalam pembelajaran sejarah Kota Semarang terhadap target sasaran serta juga mengangkat potensi nilai &#x2013; nilai sejarah yang dimiliki Kota Semarang. Sedangkan pada tahap selanjutnya bagaimana cara memperkenalkan buku interaktif permainan ini kepada masyarakat sehingga nantinya dapat membentuk image terhadap buku interaktif tersebut.&#xD; Perancangan ini bertujuan untuk mengemas media interaktif dalam hal pembelajaran sejarah yang mengandung nilai nasionalisme agar nantinya dapat ditanamkan dengan tepat. Jika nantinya perancangan ini dapat direalisasikan dan disempurnakan sesuai dengan yang ada dalam perancangan, maka dapat menjadikan salah satu jenis media interaktif yang dapat memberikan edukasi dan meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air pada generasi penerus Bangsa Indonesia.&#xD; Kata kunci: Pembelajaran sejarah, Buku interaktif, dan Nasionalisme</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/1128/1/09.13.0031%20Nicolas%20Hardiman%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/1128/2/09.13.0031%20Nicolas%20Hardiman%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/1128/3/09.13.0031%20Nicolas%20Hardiman%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/1128/4/09.13.0031%20Nicolas%20Hardiman%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/1128/5/09.13.0031%20Nicolas%20Hardiman%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/1128/6/09.13.0031%20Nicolas%20Hardiman%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/1128/7/09.13.0031%20Nicolas%20Hardiman%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> HARDIMAN, NICOLAS (2014) PERANCANGAN VISUAL PEMBELAJARAN UNTUK ANAK &#x2013; ANAK MENGENAI SEJARAH KOTA SEMARANG MELALUI BUKU INTERAKTIF. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual Unika Soegijapranata. </identifier><recordID>1128</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author HARDIMAN, NICOLAS
title PERANCANGAN VISUAL PEMBELAJARAN UNTUK ANAK – ANAK MENGENAI SEJARAH KOTA SEMARANG MELALUI BUKU INTERAKTIF
publishDate 2014
topic 760 Graphic arts
url http://repository.unika.ac.id/1128/1/09.13.0031%20Nicolas%20Hardiman%20COVER.pdf
http://repository.unika.ac.id/1128/2/09.13.0031%20Nicolas%20Hardiman%20BAB%20I.pdf
http://repository.unika.ac.id/1128/3/09.13.0031%20Nicolas%20Hardiman%20BAB%20II.pdf
http://repository.unika.ac.id/1128/4/09.13.0031%20Nicolas%20Hardiman%20BAB%20III.pdf
http://repository.unika.ac.id/1128/5/09.13.0031%20Nicolas%20Hardiman%20BAB%20IV.pdf
http://repository.unika.ac.id/1128/6/09.13.0031%20Nicolas%20Hardiman%20BAB%20V.pdf
http://repository.unika.ac.id/1128/7/09.13.0031%20Nicolas%20Hardiman%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unika.ac.id/1128/
contents Indonesia merupakan negara yang kaya akan sejarah, hal ini terlihat dari penemuan benda- benda bersejarah yang banyak ditemukan di Indonesia, mulai dari keris, kemudian prasasti - prasasti peninggalan kerajaan - kerajaan di Indonesia hingga cerita - cerita bersejarah. Namun kekayaan sejarah yang dimiliki oleh Indonesia akan menjadi terbengkalai jika generasi penerus (dalam hal ini anak – anak) tidak melestarikannya. Banyak cerita sejarah di Indonesia salah satunya sejarah dari Kota Semarang, yang memiliki nilai nasionalisme yang nantinya dapat diterapkan kedalam kehidupan sehari - hari. Penerapan yang dilakukan agar pembelajaran sejarah Kota Semarang yang mengandung nilai – nilai nasionalisme sesuai dengan target sasaran yang dituju, maka perlu dilakukan pendekatan – pendekatan terhadap target sasaran. Maka dari itu dengan adanya dukungan dari data – data yang akurat mengenai pendekatan melalui media interaktif, macam – macam media interaktif sehingga dapat menentukan media interaktif yang tepat dan sesuai dengan target sasaran. Data yang diambil melalui metode wawancara dengan Pemerintah Kota Semarang, serta data kualitatif dari media pustaka yang disesuaikan dengan target sasaran. Melalui pendekatan media interaktif dalam berupa buku yang dikemas lebih modern dan menarik maka terbentuklah sebuah media edukasi yang sesuai dengan target sasaran. Dalam hal ini perancangan terdiri dari perancangan pembuatan media interaktif dan edukatif berupa buku interaktif dan bagaimana menanamkan nilai – nilai yang terkandung dalam pembelajaran sejarah Kota Semarang terhadap target sasaran serta juga mengangkat potensi nilai – nilai sejarah yang dimiliki Kota Semarang. Sedangkan pada tahap selanjutnya bagaimana cara memperkenalkan buku interaktif permainan ini kepada masyarakat sehingga nantinya dapat membentuk image terhadap buku interaktif tersebut. Perancangan ini bertujuan untuk mengemas media interaktif dalam hal pembelajaran sejarah yang mengandung nilai nasionalisme agar nantinya dapat ditanamkan dengan tepat. Jika nantinya perancangan ini dapat direalisasikan dan disempurnakan sesuai dengan yang ada dalam perancangan, maka dapat menjadikan salah satu jenis media interaktif yang dapat memberikan edukasi dan meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air pada generasi penerus Bangsa Indonesia. Kata kunci: Pembelajaran sejarah, Buku interaktif, dan Nasionalisme
id IOS2679.1128
institution Universitas Katolik Soegijapranata
institution_id 334
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata
library_id 522
collection Unika Repository
repository_id 2679
subject_area Akuntansi
Arsitektur
Ekonomi
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2679
first_indexed 2017-02-25T14:58:14Z
last_indexed 2017-02-25T14:58:14Z
recordtype dc
_version_ 1765771642788642816
score 17.538404