HUBUNGAN PROBLEM FOCUSED COPING DENGAN STRES MENGAJAR PADA GURU ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hubungan antara problem focused coping dengan stres mengajar pada guru ABK. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu “Ada hubungan yang negatif antara problem focused coping dengan stres mengajar pada guru ABK“. Subjek penelitian ini adalah 73 guru yang mengajar ABK di SDLB C kota Semarang. Penelitian menggunakan metode try out, sehingga data yang sudah valid dan reliabel yang telah disebar kepada 32 subjek digunakan kembali dalam penelitian dengan 41 subjek. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala problem focused coping dan skala stres mengajar pada guru ABK. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Carl Pearson. Hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi rxy = -0,342 dengan p<0,05. Hal ini menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan antara problem focused coping dengan stres mengajar pada guru ABK. Semakin tinggi problem focused coping, maka semakin rendah stres yang dialami guru saat mengajar ABK. Sebaliknya, semakin rendah problem focused coping maka semakin tinggi stres yang dialami guru saat mengajar ABK. Dengan demikian, hipotesis penelitian ini diterima