HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIBLING RIVALRY PADA ANAK SULUNG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan sibling rivalry pada anak sulung. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kecerdasan emosional dengan sibling rivalry pada anak sulung dimana semakin tinggi kecerdasan emosional maka sibling rivalry pada anak sulung akan rendah. Subyek dalam penelitian ini adalah remaja perempuan yang berada di Kelurahan Mugassari Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan alat ukur skala kecerdasan emosional dan skala sibling rivalry. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah seluruh subyek dalam penelitian ini ada 46 subyek. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Hasil uji rxy = -0,269 dengan (p<0.05) yang berarti hipotesis diterima yang menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan sibling rivalry pada anak sulung. Artinya, semakin tinggi skor kecerdasan emosional maka semakin rendah skor sibling rivalry. Demikian pula sebaliknya