MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PASKIBRA DITINJAU DARI DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik hubungan antara dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler paskibra. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler paskibra. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik penelitian ini adalah studi populasi pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler paskibra SMA Negeri 4 Semarang. Jumlah subyek penelitian berjumlah 45 Siswa, pengambilan data menggunakan skala dukungan sosial teman sebaya dan skala motivasi belajar. Bedasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa rxysebesar 0,406 dengan p < 0,01 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler paskibra di SMA Negeri 4 Semarang sehingga hipotesis diterima.