Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan sibling rivalry pada anak. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara kecerdasan emosional dengan sibling rivalry pada anak, dimana semakin tinggi skor kecerdasan emosional berarti semakin rendah sibling rivalrynya dan sebaliknya. Subyek penelitian berjumlah 60 orang dengan karakteristik anak kelas 5 dan 6 SD, memiliki saudara kandung. Penelitian ini dilakukan di SD Don Bosco Semarang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan alat ukur skala kecerdasan emosional dan skala sibling rivalry. Data yang diperoleh dianlisis dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Berdasarkan hasil analisis didapatkan r = -0,788 dengan p<0,01 yang menunjukan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan sibling rivalry pada anak. Dengan demikian, hasil analisis data ini mendasari bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. xy