Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Pembentukan Brand Awareness

Main Author: Pangestika, Meiti Citra
Format: Article PeerReviewed Book
Terbitan: UAJY , 2015
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/9578/1/jurnal.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/9578/
Daftar Isi:
  • Strategi komunikasi pemasaran merupakan pedoman yang penting untuk memperkenalkan, memberikan informasi dan memasarkan produk kepada konsumen. Strategi komunikasi suatu produk dalam sebuah perusahaan merupakan salah satu cara yang ditempuh untuk meningkatkan pemasaran untuk memajukan perusahaan. Penelitian ini menggunakan Raminten Uborampe sebagai subyek penelitian karena perusahaan ini merupakan perusahaan yang menggunakan strategi komunikasi pemasaran dalam usahanya membangun brand awareness. Raminten Uborampe merupakan perusahaan yang menyediakan cinderamata khas kota Yogyakarta. Brand awareness diperlukan mengingat Raminten Uborampe merupakan perusahaan yang baru di bidangnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan metode yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan dengan memadukan kegiatan-kegiatan yaitu periklanan, personal selling, publisitas, dan promosi penjualan. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan sudah cukup baik namun dirasa kurang maksimal. Unsur-unsur kegiatan dalam komunikasi pemasaran tersebut belum saling mendukung satu dengan yang lain dan belum terlaksana dengan seimbang.