PENGGUNAAN NEW MEDIA SEBAGAI STRATEGI BRANDING KELOMPOK MUSIK ENDANK SOEKAMTI (Studi Deskriptif Atas Proses Promosi Album "Angka 8" Endank Soekamti Di Luar Keterlibatan Label Rekaman Besar)
Main Author: | JUWITA, SHINTYA ROSA |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Terbitan: |
UAJY
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/9476/1/E-Journal.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/9476/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi informasi khususnya new media pada awal-awal kemunculannya dirasakan sebagai ancaman bagi industri musik karena seolah makin mempermudah kegiatan-kegiatan pembajakan karya-karya para musisi, sehingga memperkecil angka penjualan fisik rekaman musik mereka. Namun di kondisi itu, Endank Soekamti, sebuah band indie label beraliran pop-punk berhasil melakukan penjualan fisik album “Angka 8” mereka berupa 5.000 boxset seharga Rp. 225.000 – Rp. 250.000 perbuah. Tulisan ini akan mendeskripsikan bagaimana strategi branding yang dilakukan Endank Soekamti menggunakan kanal-kanal sosial media yang belum pernah dilakukan oleh para musisi sebelumnya, yang mampu membuat para penggemar Endak Soekamti mengenal dan ingin memiliki album “Angka 8” tersebut bahkan di waktu sebelum album tersebut jadi dan dirilis