Pengembangan Alat Bantu Rehabilitasi Pasien Pascastroke Berbasis Virtual Reality

Main Authors: Nugroho, Kristanto Agung , ., Herianto
Format: Article PeerReviewed Book
Terbitan: Universitas Diponegoro , 2016
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/9277/1/TI_Jurnal%20JATI.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/9277/
Daftar Isi:
  • Stroke adalah penyakit yang mematikan karena dapat menyebabkan kecacatan dan kematian pada pasien. Makalah ini melaporkan penelitian membuat game virtual reality untuk rehabilitasi menggunakan sensor Kinect sebagai pengontrol. Pengembangan game dimulai dengan menentukan kebutuhan atribut konsumen dari wawancara dan observasi dengan fisioterapis dan pasien. Tes menggunakan metode thinking aloud, kuesioner, dan wawancara. Hasilnya adalah sebuah software game yang diberi judul Jaka Sembuh, game terdiri dari kode pemrograman dan graphical user interface (GUI) untuk membantu rehabilitasi pasien bagian ekstremitas atas (upper limb). Game memiliki unsur-unsur dramatis seperti: tantangan, play, premis, karakter dan cerita. Pengujian usabilitas dan flow menunjukkan bahwa game dapat digunakan untuk membantu rehabilitasi dengan baik.