Pemanfaatan Media Sosial WeChat Untuk Meningkatkan Market Share UKM
Main Author: | Pradipta lrlanto, Aloysius Bagas |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Terbitan: |
STMIK Jenderal Achmad Yani
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/9181/1/Teknomatika.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/9181/ |
Daftar Isi:
- Globalisasi pasar telah mempengaruhi perilaku perdagangan yang selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Hal itu mempengaruhi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang juga dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan pasar agar dapat bertahan dan meningkatkan market share. UKM adalah kelompok usaha terbesar di Indonesia bahkan mungkin di dunia. Pada tahun 2001, UKM memberikan andil 99% dalam jumlah badan usaha dan 99,6% dalam penyerapan tenaga kerja. Banyaknya UKM ini tentu disebabkan karena produk-produk dari UKM sangat diminati bahkan dibutuhkan oleh masyarakat. Namun demikian tidak semua produk-produk dari UKM dikenal luas oleh masyarakat. Hal ini disebabkan karena promosi yang dilakukan oleh UKM kalah gencar dengan promosi dari industri yang lebih besar. Penyebab utama dari hal ini adalah minimnya anggaran promosi dari UKM. Untuk itulah mengapa media sosial (WeChat) menjadi penting sebagai salah satu media promosi praktis, yang murah, handal, dan dapat menjangkau seluruh pengguna.