ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus U-Turn Jl. Laksda Adisucipto – Depan Hotel Sri Wedari)
Main Author: | BURA, YOHANES PUTRA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/9156/1/0TS13892.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/9156/2/1TS13892.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/9156/3/2TS13892.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/9156/4/3TS13892.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/9156/5/4TS13892.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/9156/6/5TS13892.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/9156/7/6TS13892.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/9156/ |
Daftar Isi:
- Salah satu cara untuk mempermudah pergerakan lalu lintas kendaraan adalah dengan menyediakan bukaan median sebagai fasilitas memutar arah kendaraan (U-Turn). Dengan adanya fasilitas u-turn memberi dampak pada pergerakan kendaraan searah dan berlawanan arah dengan u-turn. Kendaraan yang memutar menyebabkan bertambahnya volume kendaraan pada arah berlawanan. Selain itu, kendaraan yang memutar akan melambat dan membentuk antrian ketika mendekati u-turn. Kendaraan yang memutar arah juga membutuhkan waktu untuk melewati fasilitas u-turn dan kemudian menyatu dengan arus kendaraan pada arah berlawanan. Beberapa hal tersebut menunjukan adanya pengaruh fasilitas u-turn pada kinerja jalan. Penelitian dilakukan pada u-turn yang berada di depan Hotel Sri Wedari dan ruas Jl. Laksda Adisucipto yang melewati u-turn tersebut selama 3 hari yaitu hari Jumad, 1 Oktober 2015 sampai Minggu, 3 Oktober 2015. Waktu pengamatan yang digunakan dalam penelitian yaitu pagi pukul 06.30-08.30, siang pukul 12.00- 14.00, dan sore pukul 16.00-18.00. Data yang diambil dalam penelitian ini meliputi data geometrik jalan, data kinerja jalan (volume lalu lintas, hambatan samping, waktu dan kecepatan tempuh kendaraan), dan data kinerja u-turn (volume memutar, panjang antrian, waktu tundaan dan waktu memutar). Pengambilan data dilakukan untuk tiap periode waktu 15 menit. Berdasarkan hasil analisis diperoleh arus lalu lintas sebelum u-turn arah ke timur sebesar 3385 skr/jam dan arah ke barat sebesar 2834 skr/jam, hambatan samping dalam kategori rendah untuk kedua arahnya, kecepatan tempuh kendaraan untuk arah timur sebesar 22,4 km/jam dan arah barat 21,1 km/jam, derajat kejenuhan sebelum uturn arah ke timur sebesar 0,92 dan arah ke barat sebesar 0,77, arus memutar sebesar 509 skr/jam, serta rata-rata untuk panjang antrian sebesar 43 m, waktu tundaan selama 89 detik dan waktu memutar selama 16,3 detik. Hasil analisis tersebut menunjukan pengaruh fasilitas u-turn terhadap kinerja ruas jalan yang meliputi perubahan arus lalu lintas sesudah u-turn untuk arah ke timur sebesar 2876 skr/jam dan untuk arah ke barat sebesar 3343 skr/jam karena adanya arus memutar, perubahan derajat kejenuhan sesudah u-turn untuk arah ke timur sebesar 0,78 dan untuk arah ke barat sebesar 0,90 karena perubahan besar arus kendaraan, serta perubahan kecepatan tempuh kendaraan untuk arah ke timur sebesar 45,4 % yang dipengaruhi oleh panjang antrian dan waktu tundaan dan untuk arah ke barat sebesar 49,8 % yang dipengaruhi oleh radius putar kendaraan dan waktu memutar yang dibutuhkan