PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN RUMAH ADAT DI INDONESIA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS MOBILE
Main Author: | Darma Dinata, Gustian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/8847/1/0TF06177.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/8847/2/1TF06177.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/8847/3/2TF06177.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/8847/4/3TF06177.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/8847/5/4TF06177.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/8847/6/5TF06177.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/8847/7/6TF06177.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/8847/ |
Daftar Isi:
- Di era yang semakin berkembang dengan teknologi dan kebudayaan yang bertambah maju sehingga kebudayaan yang diwariskan nenek moyang menjadi tersingkir dan dilupakan. Banyak orang khususnya masyarakat di Indonesia yang belum mengenali kebudayaan khususnya rumah adat yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran untuk melestarikan kebudayaan yang telah diwariskan kepada nenek moyang untuk generasi muda. Melihat banyaknya pengguna smartphone, penulis membuat aplikasi AR-Adat menggunakan teknologi Augmented Reality, yakni teknologi yang menggabungkan benda maya ke dalam lingkungan nyata secara real time. Aplikasi ini dibuat menggunakan tools Unity dengan bahasa pemgroman C#. Aplikasi yang dibuat berisi kumpulan info beberapa rumah adat di Indonesia beserta lagu adat yang dikemas dengan gambar 3D yang interaktif sehingga pengguna mudah memahami dan menarik minat untuk belajar rumah adat. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu pengguna dalam memberikan informasi mengenai rumah adat sehingga menjadi media alternatif solusi untuk belajar rumah adat.