PENGARUH NEGARA ASAL (COUNTRY OF ORIGIN), MEREK, DAN REPUTASI MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Pada Produk Kosmetik di Daerah Istimewa Yogyakarta)

Main Author: Andriani, Rikke
Format: Article PeerReviewed Book
Terbitan: UAJY , 2015
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/8715/1/JURNALEM19024.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/8715/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh dimensi negara asal (country of origin), merek, dan reputasi merek terhadap loyalitas merek. Populasi pada penelitian ini ialah konsumen wanita yang menggunakan salah satu merek kosmetik berikut : NYX, Etude, Revlon, Maybelline, Oriflame, L’oreal, dan Ponds dalam waktu satu tahun terakhir. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara (purposive sampling) dengan kriteria khusus bagi yang pernah membeli dan menggunakan salah satu merek kosmetik diatas dalam jangka waktu tertentu. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 200 orang responden. Penelitian ini menggunakan alat analisis statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana dengan menggunakan program IBM SPSS statistics version 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh paling kuat diantara tiga dimensi variabel (negara asal, merek, reputasi merek) dalam loyalitas merek yaitu variabel reputasi merek. Dari hasil analisis regresi sederhana, negara asal berpengaruh positif terhadap loyalitas merek, merek berpengaruh positif terhadap loyalitas merek, dan reputasi merek berpengaruh positif terhadap loyalitas merek.