LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PONDOK PESANTREN PENGHAFAL AL-QURAN PADA ISLAMIC CENTER BIN BAZDI BANTUL
Main Author: | BUSTOMI, AHMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/8467/1/TA013714.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/8467/2/TA113714.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/8467/3/TA213714.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/8467/4/TA313714.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/8467/5/TA413714.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/8467/6/TA513714.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/8467/7/TA613714.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/8467/ |
Daftar Isi:
- Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang diperkenalkan di Jawa. Pada zaman Walisongo pondok pesantren memiliki peranan yang penting dalam penyebaran Agama Islam di pulau Jawa. Sejak saat itu lembaga pesantren telah mengalami banyak perubahan dan memainkan berbagai macam peran dalam masyarakat Indonesia. Seiring dengan laju perkembangan masyarakat maka pendidikan pesantren baik tempat bentuk hingga substansi telah jauh mengalami perubahan. Pesantren tak lagi sederhana, tetapi pesantren dapat mengalami perubahan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan zaman. Pada proyek ini akan dilakukan sebuah perencanaan pengembangan pondok pesantren Islamic Centre Bin Baz. Pondok baru ini bernama Pondok Pesantren Penghafal Al-Quran. Pondok Pesantren Penghafal Al-Quran bertujuan untuk mewadahi para santri untuk melanjutkan pendidikan di pondok pesantren ini setelah menyelesaikan pendidikan Madrasah Aliyah (MA) di Islamic Center Bin Baz (ICBB). Pendekatan yang dilakukan dalam desain Pondok Pesantren Penghafal Al-Quran ini akan mengacu pada konsep Arsitektur Islam. Salah satu prinsip Arsitektur Islam adalah pengulangan, pengulangan juga merupakan proses atau metode dalam pengafalan Al-Quran yang menganjurkan untuk mengulang ayat Al-Quran yang sedang dihafalkan. Dengan menggunakan metode pengulangan pada penyelesaian desain ini diharapkan terbentuk Pondok Pesantren Penghafal Al-Quran yang memiliki pola pengulangan pada tata ruang dan tampilan. Pola pengulangan pada Pondok Pesantren Penghafal Al-Quran yang ditampilkan dalam pengolahan ruang dan tampilan, diharapakan dapat mendorong para santri untuk terbiasa mengulangngulang dalam tahap pengafalah Al-Quran.