KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ATASAN BAWAHAN DI PT KUALA PELABUHAN INDONESIA

Main Author: WANTAH, PRAYCY YOHANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/5688/1/KOM003645.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/5688/2/KOM103645.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/5688/3/KOM203645.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/5688/4/KOM303645.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/5688/
Daftar Isi:
  • Situasi ketidakpastian itu dirasakan oleh karyawan PT KPI, yang pada akhirnya mendorong mereka melakukan aksi unjuk rasa dan bahkan perlawanan terhadap atasan langsungnya. Sikap tersebut masih dipengaruhi oleh peristiwa sebelumnya, dimana pada akhir tahun 2011, mereka melakukan hal serupa untuk menuntut kenaikan upah dan perbaikan tingkat kesejahteraan. Secara umum, kondisi tersebut mengarah pada kualitas komunikasi interpersonal atasan bawahan yang kurang efektif. Penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif untuk menggambarkan kualitas komunikasi interpersonal atasan bawahan, yang ditinjau dari lima indikator yakni keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Teknik analisis yang digunakan adalah distribusi frekuensi, sehingga pada akhirnya dapat diketahui baik atau buruknya kualitas komunikasi interpersonal yang berlangsung dari atasan kepada karyawan di PT KPI. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa kualitas komunikasi interpersonal atasan bawahan yang efektif menentukan terciptanya lingkungan pekerjaan yang kondusif, sebaliknya kualitas komunikasi interpersonal yang masih kurang atau buruk dapat menimbulkan permasalahan. Kualitas komunikasi interpersonal sebaiknya tidak sekedar dipertahankan tetapi perlu diperbaiki dan ditingkatkan