PENENTUAN HARGA JUAL KAMAR HOTEL SAAT LOW SEASON DENGAN METODE COST-PLUS PRICING PENDEKATAN VARIABEL COSTING(Studi kasus pada Hotel Puri Artha Yogyakarta)

Main Author: Triyanto, Hesti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/4860/1/0EA16131.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/4860/2/1EA16131.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/4860/3/2EA16131.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/4860/4/3EA16131.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/4860/5/4EA16131.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/4860/6/5EA16131.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/4860/
Daftar Isi:
  • Penentuan harga jual suatu produk atau jasa merupakan salah satu keputusan penting manajemen karena harga yang ditetapkan harus dapat menutup semua biaya dan mendapatkan laba yang diharapkan oleh perusahaan. Pada saat low season, pihak hotel menerapkan harga jual yang paling rendah dalam penentuan harga jualnya agar pihak hotel tidak mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa tarif sewa kamar dan selisih tarif sewa kamar Hotel Puri Artha Yogyakarta pada saat low season dengan metode cost-plus pricing pendekatan variable costing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1). Dokumentasi dan (2). Wawancara dengan pihak-pihak yang terkait di perusahaan. Penentuan harga jual ini hanya dilakukan pada saat low season dengan menggunakan metode cost-plus pricing pendekatan variable costing. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga jual yang ditetapkan perusahaan pada saat low season lebih tinggi dibandingkan dengan harga jual dengan metode cost-plus pricing pendekatan variable costing.