Kepuasan Relasi Antara Atasan dan Bawahan dengan Pendekatan Teori Pertukaran Sosial di PT PLN (Persero) Area Yogyakarta (Deskriptif Kualitatif dengan Teori Pertukaran Sosial Tentang Kepuasan Relasi )

Main Author: Kusumaningrum, Ratih
Format: Article PeerReviewed Book
Terbitan: UAJY , 2013
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/4643/1/JURNAL.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/4643/
Daftar Isi:
  • Kepuasan relasi dalam suatu hubungan akan dipengaruhi beberapa faktor salah satunya adalah kepuasan komunikas interpersonal. Disamping itu komunikasi interpersonal memiliki lima dimensi untuk melihat kualitas komunikasinya. Komunikasi interpersonal juga terjadi dalam hubungan dalam organisasi baik itu antara karyawan dengan karyawan ataupun karyawan dengan atasan. Komunikasi interpersonal dalam penelitian ini adalah komunikasi yang berlangsung secara informal namun masih berhubungan dengan penyelesaian tugas. Kepuasan relasi ini sendiri akan dilihat dengan menggunakan Teori Pertukaran Sosial, yaitu teori mengenai suatu hubungan dengan melihat penghargaan dan pengorbanan untuk meneruskan relasi tersebut atau tidak. Tentunya setiap karyawan yang bekerja disuatu perusahaan memiliki harapan mengenai dimensi komunikasi interpersonal mereka dimana itu akan mempengaruhi kepuasan relasi mereka terhadap atasan, kepuasan itu sendiri dilihat dari besarnya penghargaan dan pengorbanan dari komunikasi interpersonal. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Penulis menggunakan teori pertukaran sosial sebagai teori pokok dengan dibantu oleh teori mengenai lima dimensi komunikasi interpersonal antara bawahan dan atasan di PT PLN (Persero) Area Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa bawahan sudah mendapatkan kepuasan relasi seperti yang mereka harapkan biarpun ada beberapa dimensi yang terjadi tidak sesuai dengan harapan mereka namun kepuasan relasi masih mereka dapatkan.