MODEL PUBLIC RELATIONS PADA AKTIVITAS MEDIA RELATIONS
Main Author: | Permatasari, Asteria Intan |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Terbitan: |
UAJY
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/4279/1/jurnal%20model%20public%20relations%20pada%20aktivitas%20media%20relations.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/4279/ |
Daftar Isi:
- Aktivitas media relations merupakan aktivitas penting yang dilakukan oleh setiap perusahaan. Hal ini dikarenakan segala aktivitas komunikasi di suatu perusahaan tidak lepas dari media massa oleh karena itu penting menjalin hubungan baik dengan media melalui media relations yang menjadi tanggung jawab seorang Public Relations (PR). Penting bagi seorang PR memahami akan model PR Grunig antara lain press agentry, public information, two way asymmetrical model dan two way symmetrical model, karena inti dalam model ini membahas komunikasi dan riset yang juga menjadi dasar kinerja PR. Implementasi model PR ini juga dapat dilihat melalui aktivitas media relations di Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa. Dalam praktiknya, PR Coordinator Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa cenderung mempraktikkan model one way dilihat dari tujuan komunikasi, sifat komunikasi, bentuk komunikasi dan sifat riset yang dimiliki Sheraton mengarah pada model public information. Kecenderungan ini juga disebabkan karena beberapa faktor antara lain budaya organisasi, potensi departemen PR, skema PR dalam organisasi dan media massa.