PENGARUH KUALITAS PRESENTASI DALAM PROGRAM PLANT VISIT DI PT. COCA-COLA AMATIL INDONESIA CENTRAL JAVA TERHADAPTINGKAT PENGETAHUAN AUDIENS MENGENAI PROFIL PERUSAHAAN
Main Author: | Christiana, Wulan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/3925/1/0KOM03842.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3925/2/1KOM03842.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3925/3/2KOM03842.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3925/4/3KOM03842.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3925/5/4KOM03842.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3925/ |
Daftar Isi:
- Program plant visit merupakan salah satu bentuk komunikasi eksternál yang digunakaî PT. Coca-Cola Amatil Indonesia Central Java untuk menciptakan citra sebagai perusahaan yang terbuka kepada stakeholders. Plant visit merupakan semacam acara open house yang di dalamnya terdapat program edukasi, melalui presentasi tentang profil perusahaan yang ditujukan kepada masyarakat muas. Sebagai(fungsi komunikasi dari perusahaan, Public Relations Officer ditunjuk sebagai pembiCara dalam program ini. Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi, yang tentunya memiliki tujuan untuk menciptakan efek kognitif bagi audiens peserta plant visit. Salah satunya dalam hal perubahan tingkat pengetahuan terkait dengan profil PT.CCAI CJ. Agar tujuan dari program plant visit itu dapat tercapai, maka pembicara harus mampu menciptakan presentasi yang berkualitas agar dapat menarik perhatian audiens. Menurut Aristoteles, presentasi dikatakan berkualitas apabila di dalamnya terdapat unsur etos, logos dan pathos. Michael Gamble dan Teri Kwal Gamble mengklasifikasikan ketiga unsur tersebut melalui empat faktor, diantaranya: pengemasan, pengaturan, bahasa dan pembawaan komunikator. Selain faktor tersebut, pesan non verbal yang disampaikan pembicara juga memiliki pengaruh dalam menarik perhatian audiens. Penelitian ini berjenis eksplanatif kuantitatif, dengan menggunakan metode survey. Sampel diambil sesuai dengan jumlah 185 responden. Pengujian hubungan antara kualitas presentasi dalam program plant visit (X) terhadap tingkat pengetahuan audiens (Y) menggunakan uji korelasi product moment. Sedangkan mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil uji korelasi product moment menunjukkan bahwa kualitas presentasi terdapat hubungan yang cukup berarti terhadap tingkat pengetahuan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,554. Dari hasil uji regesi linear sederhana diperoleh sig 0,000 maka pengaruh yang muncul adalah signifikan. Besarnya pengaruh variabel X terhadap Y adalah sebesar 30,6% sedangkan sisanya sebesar 69,4% (100% - 30,6%) dijelaskan oleh variabel lain di luar model yang diteliti.