PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN DENGAN PENCATATAN METER AIR BERARSITEKTUR DISCONNECTED PADA MOBILE DEVICES (Studi Kasus: PDAM TIRTAMARTA YOGYAKARTA)
Main Author: | Restuni, Anggia Windhy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/3826/1/0TF03514.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3826/2/1TF03514.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3826/3/2TF03514.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3826/4/3TF03514.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3826/5/4TF03514.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3826/6/5TF03514.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3826/ |
Daftar Isi:
- Pada masa globalisasi informasi ini, penerapan teknologi semakin merata dan membudaya di dalam masyarakat. Teknologi internet mampu menutupi kelemahan-kelemahan media informasi lain yang sudah ada, seperti keterbatasan waktu dalam menyajikan informasi maupun keterbatasan jarak yang ada. Walaupun untuk mengakses internet perlu biaya tambahan baik untuk jasa provider maupun alat tambahan untuk mengakses internet, tetapi bisa dibuat suatu solusi yang bersifat seperti internet yaitu suatu aplikasi yang diimplementasikan pada perangkat yang bersifat mobile sehingga lebih murah dan dapat digunakan dimanapun sesuai fungsinya. Karena informasi yang dihasilkan sangat dibutuhkan perusahaan untuk bisa terus menjalankan usahanya. Perusahaan Daerah Air Minum(PDAM) untuk wilayah Yogyakarta yang mengurusi permintaan kebutuhan air bersih memiliki jumlah pelanggan aktif sekitar 34.882.Selama ini PDAM Tirtamarta masih menggunakan sistem pengelolaan data penjualan secara manual, baik untuk pencatatan meter maupun pemasukan data meter yang telah dicatat ke dalam database yang seeing kali menimbulkan permasalahan seperti ketidak konsistenan data, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan data hasil penjualan produk setiap bulannya dan tidak akuratnya data yang dihasilkan dari pencatatan manual. Padahal perkembangan teknologi yang maju dan persaingan yang semakin ketat menuntut para pelaku dunia usaha untuk lebih memperhatikan faktor efisiensi dan efektivitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem informasi pelayanan pelanggan pada PDAM Tirtamarta Yogyakarta yang sedang dijalankan, serta mendesain sistem informasi pelayanan pelanggan dengan pencatatan meter secara mobile disconnected dan penggunaan internet sebagai sarana informasi bagi para pelanggan maupun masyarakat umum.