PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA ANGKUTAN UDARA DALAM HAL GANTI RUGI
Main Author: | Nugroho, Dwi Widhi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/363/1/0MIH01444.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/363/2/1MIH01444.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/363/3/2MIH01444.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/363/4/3MIH01444.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/363/5/4MIH01444.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/363/6/5MIH01444.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/363/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi mengenai perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa angkutan udara dalam hal ganti rugi. Metode penelitian hukum yang digunakan adalah penelitian hukum normatif, yaitu penelitian yang berfokus pada norma hukum positif. Data yang digunakan adalah data sekunder sebagai data utama. Penelitian ini menggunakan bahan hukum primer yaitu peraturan perundang-undangan yang berlaku, bahan hukum sekunder berupa pendapat dari para ahli hukum yang terdapat dalam berbagai literatur hukum, bahan hukum tersier yang terdiri dari kamus hukum, analisis data berupa deskripsi dari pasal-pasal yang terkait dengan peraturan perundang-undangan yang digunakan dalam penelitian hukum ini. Pendekatan dalam penelitian hukum ini adalah pendekatan politik hukum dan perbandingan hukum pada lapisan teori hukumnya. Dari hasil penelitian, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen belum dapat memberikan perlindungan hukum, tetapi dengan diundangkannya Peraturan Menteri Nomor 77 Tahun 2011 Tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara sudah dapat memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa angkutan udara.