PERENCANAAN LANDAS PACU DAN TEBAL PERKERASAN FLEKSIBEL LANDAS PACU BANDAR UDARA WAIOTI MAUMERE
Main Author: | MUDA, YOSEF NORBERTUS T. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/3405/1/0TS11716.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3405/2/1TS11716.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3405/3/2TS11716.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3405/4/3TS11716.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3405/5/4TS11716.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3405/6/5TS11716.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3405/7/6TS11716.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3405/ |
Daftar Isi:
- Bandar Udara Waioti Maumere Kabupaten Sikka mengalami peningkatan jumlah penumpang dan barang dari tahun ke tahun, maka permasalahan yang dihadapi Bandar Udara Waioti Maumere Kabupaten Sikka semakin kompleks. Oleh karena itu dibutuhkan suatu perencanaan landas pacu dan tebal perkerasan fleksibel landas pacu untuk melayani pesawat yang lebih besar yang belum pernah beroperasi di Bandar Udara Waioti Maumere, dengan pesawat rencana Air Bus A- 300-B4. Dengan demikian, dapat meningkatkan kemampuan pelayanan Bandar Udara Waioti Maumere Kabupaten Sikka. Dalam perencanaan landas pacu dan tebal perkerasan fleksibel landas pacu mengacu pada laju pertumbuhan pesawat, penumpang, barang, bagasi pada tahun 2018. Perancangan landas pacu ditinjau dari karakteristik jenis pesawat rencana yaitu Air Bus A-300-B4 dan tebal perkerasan fleksibel landas pacu Bandar Udara Waioti Maumere saat ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa untuk meningkatkan pelayanan perlu diadakan suatu perancangan ulang landas pacu Bandar Udara Waioti Maumere Kabupaten Sikka. Hasil analisis menunjukkan bahwa penumpang pada tahun 2018 adalah 55566 orang, pesawat sebanyak 2015 pesawat, bagasi sebanyak 1068891 kg, dan barang sebanyak 814843 kg. Dengan demikian sudah selayaknya dilakukan perancangan ulang landas pacu bandar udara. Hasil disain menunjukkan perlunya penambahan panjang runway menjadi 3150 m, lebar menjadi 46 meter, taxiway 97 m x 23 m dengan sudut belokan 450, dan penambahan panjang untuk apron 240 m, lebar menjadi 130 m, dan penambahan tebal perkerasan fleksibel runway untuk jenis pesawat Air Bus A-300-B4 menjadi 92 cm, dengan tebal lapis permukaan 10 cm, tebal lapis pondasi 27 cm, tebal lapis pondasi bawah 55 cm.