PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN (Studi Kasus Jalan Mondorakan Utara Pasar Kotagede Yogyakarta)
Main Author: | Kaumbur, Richmon Alwines |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/3322/1/0TS12125.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3322/2/1TS12125.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3322/3/2TS12125.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3322/4/3TS12125.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3322/5/4TS12125.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3322/6/5TS12125.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3322/7/6TS12125.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/3322/ |
Daftar Isi:
- Pasar Kotagede merupakan kawasan perdagangan yang mempunyai aktifitas sangat tinggi, terutama pada jam-jam sibuk. Aktifitas parkir disekeliling Pasar Kotagede terutama di Jalan Mondorakan sangat tinggi sehingga bahu jalan yang ada penuh oleh parkir kendaraan bermotor, sepeda dan becak.Selain itu ditambah jumlah pejalan kaki yang berjalan atau menyeberang sepanjang segmen jalan, dan jumlah kendaraan bermotor yang masuk keluar ke/dari lahan samping jalan serta arus kendaraan yang bergerak lambat seperti sepeda, becak, delman, dan gerobak.Hal ini dapat menyebabkan lebar efektif jalan menjadi berkurang sehingga kecepatan arus lalu lintas menjadi rendah dan selanjutnya berdampak pada tundaan dan kemacetan arus lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap kapasitas jalan dan tingkat pelayanan pada jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data primer berupa volume lalu lintas, waktu tempuh, hambatan samping, dan data sekunder berupa jumlah penduduk. Pengambilan data primer dilaksanakan selama 3 hari yaitu 18 Mei – 20 Mei 2013. Analisis dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Dari hasil perhitungan didapat arus lalu lintas (Q) sebesar 983 smp/jam. Kecepatan arus bebas (FV) sebesar 23,42 km/jam, kecepatan tempuh sebesar 22 km/jam dan waktu tempuh sebesar 8,18 detik. Kapasitas (C) sebesar 1066,97 smp/jam. Derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,92 dan tingkat pelayanan E. Berdasarkan analisis menggunakan MKJI 1997 faktor hambatan samping yang paling berpengaruh adalah kendaraan parkir/berhenti yang bila dihilangkan memberikan kontribusi dengan menaikkan kecepatan tempuh kendaraan ringan sebesar 7 km/jam dari 22 km/jam menjadi 29 km/jam dan kapasitas (C) sebesar 2218,50 smp/jam. Tingkat pelayananpun mengalami peningkatan dari tingkat pelayanan E menjadi tingkat pelayanan B.