Daftar Isi:
  • Penelitian inii dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi, word of mouth, gaya hidup sehat dan tren terhadap niat beli sepeda pada saat pandemi covid-19 dengan kelompok referensi sebagai mediasinya. Adapun objek pada penelitian ini adalah niat beli sepeda pada saat pandemi covid-19. Jumlah responden dalam penelitian sebanyak 200 orang dimana semua responden pernah melakukan pembelian sepeda atau melakukan upgrade sepeda pada saat pandemi covid-19 dan berusia 12 hingga 65 tahun. Pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling dimana data dikumpulkan melalui Google Froms dengan skala likert 5 poin. Data dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SmartPLS 3.3.3. Hasil dari penelitian ini menentukan bahwa kelompok referensi dan gaya hidup sehat tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat beli sepeda padaa saat pandemi covid-19. Sedangkan tren dan word of mouth memberikan pengaruh secara positif dan signifikan pada niat beli sepeda pada saat pandemi covid-19. Selanjutnya word of mouth berpengaruh positif terhadap kelimpok referensi. Uji mediasi yang dilakukan bersifat No-effect non mediation.