TINGKAT KEPENTINGAN KELOMPOK REFERENSI BAGI KONSUMEN ECOMMERCE (STUDI PADA MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA)
Main Author: | SELINKA, CHATARINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/27980/1/181006747%200.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/27980/2/181006747%201.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/27980/3/181006747%202.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/27980/4/181006747%203.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/27980/5/181006747%204.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/27980/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting kelompok referensi bagi konsumen e-commerce, dalam penelitian ini mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok referensi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang disebarkan kepada 100 responden melalui Google Form. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepentingan kelompok referensi bagi mahasiswa Fisip UAJY (yang menjadi responden penelitian ini) dalam berbelanja melalui e-commerce adalah cukup penting. Ini terlihat dari hasil dari analisis statistik dimana skor rata-rata variabel kelompok referensi adalah 3,40, yang masuk dalam kategori cukup penting. Bila dilihat pada dua dimensi dari kelompok referensi yaitu dimensi normatif dan dimensi informasional, ditemukan bahwa variabel kelompok referensi dari dimensi informasional masuk dalam kategori sangat penting (skor rata-rata 3,79), sedangkan pada dimensi normatif masuk dalam kategori cukup penting (skor rata-rata 3,01).