Daftar Isi:
  • Toko Kaca Berkat merupakan UMKM retail olahan kaca, seperti jendela, pintu, lemari, dan etalase. Toko Kaca Berkat memiliki permasalahan pada target produksi yang tidak tercapai, tidak tepatnya waktu deadline dengan waktu selesai produksi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan identifkasi dan analisis penyebab terjadinya permasalahan tersebut. Identifikasi dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil dari identifikasi kemudian dijabarkan dengan menggunakan fishbone. Dari analisis fishbone diketahui akar permasalahan yang diprioritaskan yaitu mengenai postur kerja operator yang tidak baik. Akar permasalahan yang diprioritaskan didapatkan dari hasil wawancara dan matriks Urgency, Serioussness, Growth. Pemilihan prioritas postur kerja operator yang tidak baik karena ketika pemilik perusahaan menanyakan mengenai mengapa selalu terlambat, operator selalu mengeluhkan mengenai sakit pada bagian tubuh tertentu terutama punggung. Terdapat alternatif yang dilakukan untuk memperbaiki permasalahan, di mana alternatif yang dipilih adalah pembuatan fasilitas kerja untuk operator. Dalam melakukan perbaikan postur kerja, dilakukan perhitungan dengan beberapa metode seperti, wawancara, kuesioner, Nordic Body Questionnaire, Quick Exposure Checklist, metode rasional, dan Quality Function Deployment.