IMPLEMENTASI CONVENTION ON THE RIGHTS OF PERSONS WITH DISABILITIES (CRPD) TERHADAP AKSESIBILITAS HAK PENDIDIKAN FORMAL UNTUK PENYANDANG DISABILITAS DI INDONESIA

Main Author: Adjie, Thomas Wibisono Prasetya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/27399/1/180513305%200.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/27399/2/180513305-1.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/27399/3/180513305-2.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/27399/4/180513305-3.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/27399/
Daftar Isi:
  • Penulisan skripsi berjudul “Implementasi Convention on the Rights of Persons with Disabilites (CRPD) terhadap Aksesibilitas Hak Pendidikan Formal untuk Penyandang Disabilitas di Indonesia” bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi ratifikasi CRPD dalam pemberian aksesibilitas pendidikan formal hak penyandang disabilitas di Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian normatif-empiris melalui dua tahap kajian yaitu mengkaji konvensi dan hukum serta kajian dari fakta sosial. Penelitian normatif-empiris ini menggunakan data primer yang meliputi fakta-fakta sosial yang terjadi di Indonesia yang didapat dari wawancara dengan narasumber yang berkompeten dan data sekunder yang meliputi analisis konvensi, undang-undang, dan studi literatur. Pelaksanaan CRPD dalam memenuhi aksesibilitas pendidikan di Indonesia belum dilakukan secara optimal, dimana banyak ditemukan kekurangan seperti tidak memprioritaskan penyediaan aksesibilitas fisik (toilet khusus penyandang disabilitas, ramp, handrail, dan guideblok) dan aksesibilitas non-fisik (Guru Pendamping Khusus, layanan informasi yang dapat diakses). Siswa penyandang disabilitas diarahkan ke sekolah luar biasa (SKH) yang tidak sesuai dengan prinsip sekolah inklusi