Daftar Isi:
  • Dengan adanya perkembangan zaman, menyebabkan adanya persaingan yang kompetitif. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam menghadapi persaingan yang ada dengan menerapkan manajemen kualitas. Dengan menerapkan manajemen kualitas, perusahaan dapat meningkatkan mutu dari Sumber Daya Manusia (SDM), produk atau jasa yang ditawarkan, serta lingkungan untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen kualitas pada hotel di Kota Mataram. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari 50 manajer hotel di Kota Mataram. Uji statistik deskriptif pada penelitian ini lebih menekankan pencarian hasil mean dalam mengolah data. Pengujian hipotesis menggunakan Uji–T untuk Satu Sampel (one-sample T-test). Hasil yang diperoleh dalam pengujian statistik deskriptif dalam penerapan manajemen kualitas pada hotel di Kota Mataram dengan nilai 4.304. Hal ini juga ditunjukkan oleh hasil pengujian hipotesis bahwa manajemen kualitas telah diterapkan pada Hotel di Kota Mataram. Dengan demikian, hotel telah menerapkan dan menggunakan indikator pengukuran manajemen kualitas pada usaha bidang jasa ini.