DAMPAK PENGALAMAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK MAKANAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM KONTEKS SOCIAL COMMERCE
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi mempunyai peran penting dalam perkembanan Social commerce khususnya dalam pemanfaatan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter oleh individu dan naiknya angka pembelian online lewat media sosial terhadap makanan dalam masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor dampak pengalaman sosial dan pengaruh situasional terhadap keputusan membeli produk makanan dalam konteks social commerce dengan situasi dan kondisi pandemi covid-19. Pengumpulan data dengan menggunakan google form kepada responden untuk mengisi kuesioner yang sudah di validasi berdasarkan model teoritis. Kemudian dianalisis dengan menggunakan Structural Equations Model (SEM). Hasil dari penelitian menunjukan Parasocial interaction merupakan faktor yang paling berpengaruh signifikan, selanjutnya Situational influences dan yang terakhir Perceived Herd Behavior. Sebaliknya faktor Subjective norms dan Peer communication menunjukan pengaruh yang tidak signifikan terhadap niat beli produk makanan di social commerce. Penelitian ini mempunyai implikasi praktis untuk berkontribusi terhadap strategi penjualan untuk meningkatkan niat beli pelanggan di social commerce khususnya dalam penjualan produk makanan.