LAPORAN RISET PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA “CENTER FOR INDONESIAN POLICY STUDIES (CIPS)” PERAN PEREMPUAN SEBAGAI PELAKU USAHA MIKRO DALAM MENINGKATKAN PROMOSI BATIK MELALUI ECOMMERCE DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA

Main Author: Dharma, Elizabeth Theresia Felisitas
Format: Research NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/26463/1/180513043_bab%200.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/26463/2/180513043_bab%201.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/26463/3/180513043_bab%202.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/26463/4/180513043_bab%203.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/26463/
Daftar Isi:
  • Peningkatan perekonomian nasional maupun daerah tidak dapat terlepas dari peran perempuan sebagai pelaku usaha yang menimbulkan dampak meningkatnya transaki perdagangan. Riset ini dilakukan di Pasar Beringharjo Yogyakarta dengan tujuan untuk mengetahui peran perempuan sebagai pelaku usaha mikro dalam meningkatkan promosi batik melalui e-commerce. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner kepada perempuan pelaku usaha batik dalam skala mikro dan memperoleh 15 responden. Hasil yang diperoleh dari riset ini dapat disimpulkan bahwa peran perempuan dalam meningkatkan promosi batik melalui e-commerce masih tergolong rendah, dari 15 responden, sebanyak 9 responden atau 60% menyatakan jika mereka melakukan promosi secara online, dan hanya terdapat 4 responden yang melakukan promosi dengan e-commerce. Pada sisi lain, sebanyak 6 orang atau 40% responden lainnya masih enggan untuk meningkatkan promosi batik melalui e-commerce karena kendala kurangnya literasi digital yang berkaitan dengan perkembangan teknologi.