PENGARUH TERPAAN BERITA VAKSIN COVID-19 TERHADAP SIKAP PEDAGANG (Studi Eksplanatif mengenai Pengaruh Terpaan Berita Vaksinasi COVID-19 di Program Berita Kompas TV terhadap Sikap Pedagang di Pasar Kota Muntilan periode 11-14 Oktober 2021)

Main Author: Pradana, Abel Krisantus Yoga
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/26303/1/160906093%200.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/26303/2/160906093%201.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/26303/3/160906093%202.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/26303/4/160906093%203.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/26303/5/160906093%204.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/26303/
Daftar Isi:
  • Tahun 2021, media di Indonesia diwarnai oleh berita upaya percepatan vaksinasi COVID-19 yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Salah satunya adalah Kompas TV yang juga turut mengabarkan informasi terbaru seputar vaksin COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan berita vaksin COVID-19 pada sikap masyarakat, terutama pada kalangan pedagang pasar yang merupakan pekerja sektor ekonomi yang rawan tertular virus COVID-19. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif eksplanatif, dengan melibatkan 148 pedagang Pasar Muntilan yang telah dipilih menggunakan metode purposive sampling, sebagai responden untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah menggunakan metode pengolahan uji regresi linear berganda untuk mengukur pengaruh dua atau lebih variabel bebas terhadap variabel terikat. Teori Efek Media Terbatas, teori Terpaan Informasi, dan teori Sikap digunakan untuk menganalisis hasil dari pengolahan data secara lebih lanjut. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa variabel terpaan secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap perubahan sikap pedagang. Ini dibuktikan oleh thitung (4,826) > ttabel (1,976). Subvariabel proses selektif juga memiliki pengaruh positif terhadap perubahan sikap pedagang dengan nilai thitung (11,364) > ttabel (1,976). Subvariabel opinion leader juga memiliki pengaruh positif terhadap perubahan sikap dengan nilai thitung (8,818) > ttabel (1,976). Sedangkan secara simultan, uji F menunjukkan nilai positif sebesar 116,470 atau lebih besar dari Ftabel senilai 3,06. Disimpulkan, pengaruh berita vaksin COVID-19 mendapatkan dorongan dari proses selektif dan opinion leader sehingga mampu meningkatkan perubahan sikap pedagang untuk mau menerima vaksin COVID-19.