PEMBANGUNAN INTELIGENSI BISNIS UNTUK SUBJEK MARKETING PADA ASTRA CREDIT COMPANIES
Daftar Isi:
- Astra Credit Companies merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang kredit kendaraan khususnya roda empat atau lebih. Perkembangan teknologi saat ini membawa peran inteligensi bisnis masuk ke dalam perusahaan, Astra Credit Companies contohnya. Perilaku konsumen pada saat pengambilan paket kredit kendaraan perlu dianalisis oleh pihak Marketing Planning Control (MPC). Permasalahan yang terjadi adalah proses analisis yang dilakukan oleh pihak marketing masih menggunakan metode manual dengan menggunakan Excel dan menggunakan R-studio untuk melakukan visualisasi data. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan membangun sistem yang mampu memecahkan permasalahan berupa aplikasi inteligensi bisnis yang membantu pihak marketing. Aplikasi inteligensi bisnis ini akan berperan menyediakan informasi berupa tampilan visual dashboard. Sistem ini dibangun dengan melakukan proses akuisisi data dengan melakukan proses Extract, Transform, dan Load (ETL) dari sumber data yang diberikan, proses ini menggunakan tool Informatica. Kemudian data disimpan pada data warehouse. Selanjutnya dilakukan proses pembuatan cube pada Visual Studio. Langkah terakhir setelah dilakukan data processing adalah dilakukan proses visualisasi data berupa tampilan dashboard menggunakan Microsoft Power BI. Berdasarkan proses yang sudah dilalui oleh penulis maka dapat disimpulkan bahwa peneliti berhasil membangun sistem inteligensi bisnis yang mampu membantu pihak marketing mengevaluasi paket kredit kendaraan dan menganalisis paket kredit kendaraan. Sistem inteligensi bisnis ini juga mampu memudahkan pihak marketing oleh karena itu Pihak marketing memberikan nilai kepuasan 9 dari skala 0 sampai dengan 10.