Daftar Isi:
  • Meningkatnya adopsi teknologi digital oleh pelaku bisnis di Indonesia semenjak pandemi virus corona menuntut penerapan strategi bisnis yang mendukung pertumbuhan pasar. Salah satunya dengan penawaran harga dalam bentuk diskon. Shopee merupakan platform belanja online di Indonesia yang menjadi objek dalam penelitian ini, akan diteliti seberapa sukses penerapan promo diskon Shopee dan faktor-faktor kesuksesan penerapannya. Sebanyak 247 data sampel dari responden terkumpul menggunakan teknik simple random sampling kemudian dianalisis menggunakan metode analisis statistik structural equation modelling (SEM). Penelitian ini menggabungkan construct (variabel) sukses faktor dari model Delone and McLean dan UTAUT. Data dianalisis dan dilakukan pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS Statistics 26 dan SPSS AMOS 22. Hasil dari penelitian ini yaitu hasil analisis nilai t-test yang menunjukkan kesuksesan penerapan promo diskon dan faktor-faktor yang mendukungnya. Faktor-faktor itu adalah harapan kinerja (performance expectancy), kepuasan pengguna (user satisfaction) faktor kualitas informasi (information quality). Faktor ini berpengaruh signifikan secara langsung dan tidak langsung.