FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK DALAM JARINGAN (STUDI KASUS PADA FORUM JUAL BELI WWW.KASKUS.US)

Main Author: Tarigan, Andreawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/2622/1/0EM15771.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/2622/2/1EM15771.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/2622/3/2EM15771.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/2622/4/3EM15771.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/2622/5/4EM15771.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/2622/6/5EM15771.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/2622/
Daftar Isi:
  • Forum kaskus.us merupakan salah satu forum online terbesar di Indonesia yang memberikan fasilitas jual beli kepada anggotanya. Mengingat pentingnya keamanan (security), kerahasiaan (privacy), (brand name), pengalaman (experience), dan informasi (information) bagi perdagangan secara online untuk dapat bertahan dan meningkatkan kepercayaan konsumen serta meningkatkan eksistensi forum kaskus, maka perneliti tertarik untuk menelaah, menganalisa, dan mencari pengaruh dari keamanan (security), kerahasiaan (privacy), brand name, pengalaman (experience), dan informasi (information) terhadap brand trust atau kepercayaan konsumen terhadap bisnis secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktorfaktor yang terkait dalam pembelian online atau transaksi digital seperti: security, privacy, brand name, experience, dan information terhadap brand trust dari FJB Kaskus secara simultan dan parsial, serta untuk mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi brand trust dari FJB Kaskus diantara faktor-faktor tersebut Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota forum kaskus.us yang merupakan pelanggan dalam perdagangan secara online melalui internet. Untuk efesiensi waktu, biaya dan tenaga akan dilakukan sampling terhadap populasi. Dalam penelitian ini, penulis memilih teknik pemilihan sampel nonprobabilitas dengan metode convenience sampling. Melalui metode sampling, peneliti memilih 100 orang anggota forum kaskus.us yang dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner melalui internet. Taknik anĂ¡lisis data yang dilakukan peneliti meliputi anĂ¡lisis regresi, uji F, uji t, dan uji determinasi. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa faktor-faktor keamanan (security), kerahasiaan (privacy), brand name, pengalaman (experience), dan informasi (information) berpengaruh posistif terhadap brand trust forum online www.kaskus.us. Dari uji f dapat diketahui bahwa secara bersamaan, keamanan (security), kerahasiaan (privacy), brand name, pengalaman (experience), dan informasi (information) memiliki pengaruh signifikan terhadap brand trust forum online www.kaskus.us. Hasil uji t membuktikan bahwa variabel yang memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap brand trust forum online www.kaskus.us adalah variabel informasi. Selain itu, pengaruh informasi juga merupakan pengaruh yang paling dominan terhadap brand trust terhadap forum online www.kaskus.us.