Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji ulasan food vlogger sebagai pemasaran media sosial yang meliputi konteks, komunikasi, kolaborasi, dan koneksi terhadap proses keputusan pembelian yang meliputi pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan pasca perilaku pembelian. Objek penelitain ini adalah food vlogger Nex Carlos di YouTube. Total responden dalam penelitian ini adalah 154 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert 5 poin. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan metode regresi linier berganda dan korelasi kanonik dengan bantuan software IBM Statistics SPSS 25. Hasil dalam penelitian ini ialah adanya pengaruh konteks, komunikasi, kolaborasi, dan koneksi terhadap pengenalan masalah. Lalu adanya pengaruh konteks, komunikasi, kolaborasi, dan koneksi terhadap pencarian informasi. Kemudian adanya pengaruh konteks, komunikasi, kolaborasi, dan koneksi terhadap evaluasi alternatif . Lalu adanya pengaruh konteks, komunikasi, kolaborasi, dan koneksi terhadap keputusan pembelian . Serta adanya pengaruh konteks, komunikasi, kolaborasi, dan koneksi terhadap pasca perilaku pembelian.