DAMPAK ALIRAN ONLINE TERHADAP PENGALAMAN DAN LOYALITAS MEREK (Studi Pada Situs Belanja Online Matahari.com
Main Author: | Duanda, Raka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/25376/1/22037%200.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/25376/2/22037%201.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/25376/3/22037%202.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/25376/4/22037%203.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/25376/5/22037%204.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/25376/6/22037%205.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/25376/7/22037%20lamp1.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/25376/ |
Daftar Isi:
- Loyalitas konsumen pada sebuah merek menjadi salah satu ukuran keberhasilan perusahaan dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Konsumen loya pasa suatu merek saat konsumen memiliki pengalaman konsumsi yang baik pada merek tertentu. Dalam bisnis online, pengalaman konsumen dipengaruhi oleh aliran online, keterampilan dan tantangan yang dirasakan saat berbelanaj secara online. Penelitian ini dilakukan pada 250 orang masyarakat yang membeli produkproduk di situs belanja online Matahari.com dan pernah melakukan pembelian ulang minimal sebanyak 2 kali dalam 1 tahun terakhir. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode pengukuran data menggunakan skala likert. Analisis data pada penelitian ini menunggunakan Structural Equation Modelling. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa: 1) Keterampilan memiliki pengaruh yang positif terhadap aliran online. 2) Tantangan tidak memoderasi pengaruh keterampilan terhadap aliran flow. 3) Aliran online memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap pengalaman merek (sensory, affective, behavioral, dan intellectual), 4) Pengalaman merek (sensory, affective, behavioral, dan intellectual) memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap loyalitas merek.