Daftar Isi:
  • Kafe X sebagai coffee shop dan coworking space yang masih belum memiliki sistem informasi sering menghadapi masalah-masalah. Pada saat melakukan transaksi, seringkali terjadi kesalahan pada saat perhitungan, penggunaan diskon yang tidak memenuhi syarat tapi masih bisa didapatkan oleh pembeli, tidak adanya pembatalan pesanan atau refund jika pesanan tidak sesuai dengan keinginan pembeli, penggunaan bahan baku yang kurang efektif sehingga mengakibatkan kerugian bagi tempat usaha, pengelolaan produk yang kurang teratur, serta tidak adanya laporan dari hasil pendapatan bulanan dan tahunan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis membangun sebuah aplikasi sistem informasi yang berjalan pada platform Android. Aplikasi dibangun untuk bisa digunakan oleh pengguna dalam hal ini owner dan pegawai (kasir dan admin). Dengan adanya aplikasi ini, pengguna diharapkan bisa melakukan transaksi dengan sangat mudah, menangani refund, mengelola produk dengan teratur, mengelola cabang dan pengguna dengan tepat, mengelola ketersediaan bahan baku serta menampilkan laporan pendapatan bulanan dan pendapatan tahunan bagi pengguna sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan oleh pemilik usaha kafe X. Dari hasil pengujian yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa Aplikasi Sistem Informasi Kafe X sudah bisa mengelola transaksi, mengelola refund, mengelola produk, mengelola pengguna, mengelola cabang, mengelola diskon, mengelola bahan baku, serta memberikan laporan pendapatan bulanan dan tahunan bagi pengguna walaupun masih ada perbaikan pada fitur transaksi namun secara keseluruhan spesifikasi fitur yang ditawarkan oleh aplikasi sudah cukup memuaskan bagi pengguna.