Pembangunan Dan Pelatihan Website Toko Online Untuk Mendukung Pemasaran Dan Promosi Umkm Yogyakarta

Main Authors: Wibisono, Yohanes Priadi, Wardhana, Daniel Yudistya
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: UPI-YAI , 2020
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/24541/1/IKRA%20YP%20pembangunan%20dan%20pelatihan%20website%20toko%20online.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/24541/
Daftar Isi:
  • Perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta terus mengalami peningkatan setiap tahun. Data statistik Bappeda DIY menunjukkan peningkatan jumlah UMKM di Yogyakarta dari tahun ke tahun mulai tahun 2015 sebanyak 230.047 UMKM menjadi 262.560 pada tahun 2019. Di tengah berkembangnya UMKM di Yogyakarta yang menjanjikan ini, ternyata belum banyak pelaku UMKM yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana pemasaran, dan promosi. Keterbatasan pengetahuan akan teknologi informasi dalam memanfaatkan website sebagai toko online inilah sehingga konsep pengabdian pada masyarakat ini disusun. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menyasar UMKM dengan sampel beberapa mitra, yaitu UMKM Hobi Sulam kerajinan sulam Jatimulyo Baru, Rumi Batik di Resonegaran dan Kado Karikatur Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan dalam jangka waktu empat bulan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan kepada UMKM agar dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk memasarkan dan mempromosikan produknya. Teknologi informasi yang akan digunakan adalah sistem informasi website. Diharapkan dengan pemasaran dan promosi menggunakan media website sebagai toko online dapat meningkatkan daya saing dalam mempromosikan produk dan penjualan para pelaku UMKM.