PENGARUH MOTIVASI HEDONIS DAN MOTIVASI UTILITARIAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK COUNTERFEIT (Studi pada pembelian sepatu merek Adidas)

Main Author: Wahyu, Zeno Zevri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/24378/1/1603229501.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/24378/2/1603229502.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/24378/3/1603229503.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/24378/4/1603229504.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/24378/
Daftar Isi:
  • Niat pembelian konsumen yang tinggi pada produk atau jasa perusahaan merupakan salah satu indikator yang baik. Pada konsumsi produk atau jasa, nilai utilitarian dan nilai hedonis merupakan beberapa faktor yang memberikan stimuli pada peningkatan niat pembelian konsumen. Untuk dapat meningkatkan nilai utilitarian dan nilai hedonis beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya adalah pengalaman dan pengetahuan tentang produk, tampilan produk dan keinginan mencari variasi, status konsumsi, kerentanan normatif dan kerentanan informasi. Penelitian mengambil sampel 200 orang yang pernah membeli dan menggunakan sepatu palsu merek Adidas. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Pengukuran data menggunakan skala Likert dan mentode analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modelling. Temuan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Pengalaman masa lalu, pengetahuan tentang produk, status konsumsi, kerentanan normatif dan kerentanan informasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap utilitarian. 2) Tampilan produk, keinginan mencari variasi, status konsumsi, kerentanan normatif dan kerentanan informasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap hedonis. 3) Sikap utilitarian dan sikap hedonis memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian.