Desain Aplikasi Mobile Gamifikasi untuk pramuka dengan Metode UI/UX
Main Author: | PRAKASA, FEDELIS BRIAN PUTRA |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
UAJY
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/24277/1/5JBI_Daftar_Isi.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/24277/2/4JBI_Dewan_Redaksi.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/24277/3/6JBI_Artikel%20Desain%20Aplikasi%20Mobile.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/24277/ |
Daftar Isi:
- Jumlah anggota pramuka mengalami penurunan dikarenakan kalah bersaing dengan ekstrakurikuler lainnya. Selain itu, mengingat kondisi pandemi saat ini, kegiatan pramuka menjadi terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat purwarupa aplikasi mobile pramuka secara daring dan menarik. Penelitian ini menerapkan gamifikasi agar kegiatan pramuka khususnya di sekolah menjadi lebih menarik minat siswa dan lebih menyenangkan. Selain gamifikasi, penelitian ini juga menggunakan metode UI/UX seperti usability testing, A/B testing dan User Experience Questionaire (UEQ). Metode ini digunakan agar hasil desain purwarupa dapat mudah digunakan dan dimengerti oleh pengguna. Penelitian ini menunjukan penerapan gamifikasi di purwarupa ini berhasil. Selain itu, hasil desain yang telah diuji dengan metode UI/UX mendapatkan nilai rerata 2,04 yang termasuk ke dalam kriteria unggul. Berdasar dari hasil penelitian, dapat dikatakan penggunaan gamifikasi membuat kegiatan pramuka lebih menarik. Selain itu, konsep desain aplikasi ini dapat membantu kegiatan pramuka secara daring.